Perencanaan Produk Dengan Mata Anda Terbuka

Anda sedang duduk di meja Anda, dan tiba-tiba itu menyentuh Anda; ide yang sangat indah untuk produk baru, yang "satu-satunya" menawarkan untuk melambungkan perusahaan Anda menjadi sukses instan. Anda tahu minyak pelet itu akan berhasil. Anda tahu semua orang ingin membelinya. Bahkan keluarga Anda menyukai ide itu. Anda menginvestasikan banyak waktu dan sejumlah besar uang untuk mengembangkan dan memperkenalkan produk yang Anda sukai ini, tetapi satu tahun berlalu dan tidak satu unit pun yang terjual.

Perencanaan Produk Dengan Mata Anda Terbuka

Apa yang awalnya tampak seperti konsep baru yang menggairahkan dan menguntungkan telah menjadi usaha yang sangat mahal dan mengecewakan bagi perusahaan Anda. Bagaimana ini bisa terjadi?

Sederhananya, Anda dibutakan oleh cinta dan Anda jatuh cinta pada produk yang salah. Lebih dari sekadar keputusan bisnis, produk menjadi gairah baru yang kuat untuk Anda atau tim pengembangan produk perusahaan Anda. Obsesi terhadap produk baru ini begitu kuat sehingga para pebisnis yang biasanya pragmatis mengabaikan logika untuk mengejar keuntungan gemerlapan yang mereka rasakan dijanjikan. Itu bukan masalah yang tidak biasa. Sebenarnya, itu terjadi pada 80 persen produk baru dan itu tidak eksklusif untuk usaha kecil. Ingat Coke "baru", burger McLean McDonald's, dan DeLorean?

Apa yang bisa dilakukan bisnis Anda untuk menghindari kesalahan produk baru "love at first sight"? Inilah cara mengidentifikasi produk yang tepat dan menguntungkan yang dibutuhkan untuk ekspansi bisnis Anda.

Proses Perencanaan Produk Yang Tepat

Kami telah menggabungkan sejumlah sistem pengembangan produk baru yang ada ke dalam proses praktis berikut. Kami menjelaskan setiap langkah dalam proses di bawah ini dan mengikuti setiap langkah dengan pertanyaan penilaian kritis. Sistem ini dapat membantu Anda merancang penawaran produk baru untuk perusahaan Anda dengan risiko lebih sedikit dan kontrol lebih besar.

Dalam prosesnya, pastikan Anda membuat tim pengembangan produk lintas fungsi yang mencakup perwakilan dari penjualan, teknik, operasi, pemasaran, keuangan, eksekutif, hukum, dan bidang lainnya yang penting bagi keberhasilan produk baru. Juga, waspada terhadap salah satu anggota tim yang mendominasi diskusi atau proses pengambilan keputusan. Semua anggota tim harus secara jujur ​​mengkritik dan mendukung proyek, atau peluang keberhasilan produk baru diminimalkan.

Langkah 1: Cari Konsep

Ini adalah bagian yang menyenangkan dari pengembangan produk! Hasilkan konsep untuk produk baru dari rekomendasi karyawan, teknik atau "think tank" manajerial, saran pelanggan dan brainstorming oleh tim pengembangan produk.

Pertanyaan Penting: Tidak ada. Jadilah sekreatif mungkin dalam parameter pasar yang Anda pilih.

Langkah 2: Pilih Konsep Terbaik

Periksa semua ide yang dihasilkan pada Langkah 1 dan kurangi jumlah konsep baru menjadi ukuran yang dapat dikelola. Beri peringkat setiap ide produk baru dengan serangkaian kriteria yang disesuaikan dengan tujuan strategis perusahaan Anda. Beberapa contoh kriteria penting adalah:

o Kemampuan Produksi / Teknologi. Lingkungan Kompetitif / Hukum

o Masalah Pembiayaan

o Persyaratan Pemasaran

Pertanyaan Penting: Apakah produk tersebut kompatibel dengan sumber daya dan tujuan perusahaan?
Jika jawabannya tidak, Anda harus mengubah ide ini atau kembali ke Langkah 1.

Langkah 3: Kembangkan dan Uji Ide Produk

Ubah konsep produk umum yang luas menjadi ide produk spesifik yang akan menarik bagi target pasar Anda. Anda harus memutuskan bagaimana produk baru ini akan menguntungkan pelanggan Anda. Sangat penting untuk mendapatkan input atau reaksi langsung mereka terhadap konsep melalui riset pasar seperti survei dan kelompok fokus.

Pertanyaan Penting: Apakah pelanggan potensial Anda memiliki reaksi positif terhadap konsep produk baru Anda?
Jika tidak, Anda perlu memodifikasi produk atau kembali ke Langkah 1. Pastikan untuk menganalisis secara objektif riset utama Anda untuk mengonfirmasi jawaban Anda atas pertanyaan ini.

Langkah 4: Lihatlah Potensi Bisnis

Lakukan analisis finansial lengkap tentang potensi produk baru Anda. Analisis ini harus sedetail dan serealistis mungkin. Biaya produk, margin keuntungan, laba atas investasi, masalah arus kas, dan proyeksi volume adalah pertimbangan keuangan yang harus diteliti dengan seksama.

Pertanyaan Penting: Bisakah kita memproduksi produk ini secara menguntungkan dengan sumber daya perusahaan kita saat ini?
Jika jawabannya di sini adalah tidak, Anda harus meninggalkan produk dan memulai kembali. Jangan mencoba menyulap angka-angka untuk mencerminkan dampak keuangan positif ketika dampaknya benar-benar negatif. Ingat, cinta itu buta - percayalah pada nomor Anda.

Langkah 5: Buat Produk

Setelah menjawab ya untuk semua pertanyaan penting pada langkah sebelumnya, sekarang, dan hanya sekarang, Anda dapat memulai pembuatan prototipe. Fase pengembangan produk Anda ini membutuhkan komitmen lengkap dari sumber daya yang dianggarkan dan dukungan seluruh perusahaan dalam berbagai cara yang tidak terduga. Tingkat komitmen ini dapat membuat saraf dan saku Anda tegang, jadi bersiaplah.

Pertanyaan Penting: Apakah produk berfungsi? Apakah kita memiliki kemampuan untuk memproduksi dan memasarkan produk ini secara menguntungkan?

No comments:

Post a Comment